LAPORAN KUNJUNGAN INDUSTRI PT. KAWASAKI MOTOR INDONESIA


KATA PENGANTAR

            Puji syukur selalu saya panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahnya sehingga laporan kunjungan industry ini dapat diselesaikan. Sholawat serta salam semoga tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW serta kepada para sahabat dan kepada seluruh umatnya.
            Kunjungan industry adalah kegiatn yangwajib diikuti oleh siswa kelas X semua program keahlian. Pelaksanaan kunjungan industry SMK Muhammadiyah Kutowinangun tahun pelajaran 2017 / 2018 yang dilaksanakan pada akhir bulan November 2017 dengan tujuan industry otomotif , industry elektronika/penyiaran, industry makanan/minuman.
            Salah satu dari tujuan kunjungan industry adalah mengenalkan dunia industry kepada siswa sehingga siswa akan lebih termotifasi untuk belajar mengaplikasikan budaya industry. Sebagai bukti otentik dari pelaksanaan kunjungan industry ini, siswa diwajibkan mengisi jurnal kegiatan dan menyusun laporan dalam bentuk karya tulis secara individu dengan arahan dan bimbingan dari guru pendamping atau pembimbing.
            Semoga dengan kunjungan industry ini siswa SMK Muhammadiyah Kutowinangun dapat memahami, menyerap dan menerapkan apa yang diperoleh di dunia usaha/ dunia industry.











DAFTAR ISI

HALAMAN SAMPUL …………………………………………………
HALAMAN JUDUL …………………………………………………...
HALAMAN PENGESAHAN ………………………………………….
HALAMAN PENGUJI …………………………………………………
KATA PENGANTAR …………………………………………………..
DAFTAR ISI ……………………………………………………………
DAFTAR GAMBAR ……………………………………………………
BAB I PENDAHULUAN ………………………………………………
A.    Latar Belakang …………………………………………………..
B.     Tujuan ……………………………………………………………
C.     Manfaat …………………………………………………………..
BAB II LANDASAN TEORI ……………………………………………
BAB III LAPORAN KHUSUS …………………………………………..
A.    Perusahaan ………………………………………………………..
1.      Sejarah singkat ………………………………………………..
2.      Lokasi …………………………………………………………
B.     Laporan Inti ……………………………………………………….
BAB IV PENUTUP ……………………………………………………….
A.    Kesimpulan ………………………………………………………...
B.     Saran ……………………………………………………………….
DAFTAR PUSTAKA




DAFTAR GAMBAR
























BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Keselamatan dan kesehatan kerja (K3) adlaah bidang yang terjaut dengan kesehatan, keselamatan dan kesejahteraan manusia yang bekerja disebuah institusi maupun lokasi proyek. Tujuan K3 adalah untuk memelihara kesehatan dan keselamatan lingukiungan kerja, K3 juga melindungi rekan kerja, keluarga pekerja, konsumen dan juga orang lain yang juga yang juga mungkin terpengaruh kondisi lingkungan kerja.
Keselamatan dan kesehatan kerja cukup penting bagi moral , legalitas, dan finansial. Semua organisasi memiliki kewajiban untuk memastikan bahwa pekerja dan orang lain yang terlibat tetap berada dalam kondisi aman sepanjang waktu. K3 meliputi pencegahan, pemberian santesi dan konpensasi, juga penyembuhan luka dan perawatan untuk pekerja dan menyediakan perwatan kesehatan dan cuti sakit. K3 terkait dengan ilmu kesehatan kerja , teknik keselamatan, teknik industry, kimia, fisika kesehatan, psikologi organisasi dan industry, ergonomika dan psikologi kesehatan kerja.
B.     Tujuan dan Manfaat
-          Tujuan umum
Tujuan pelaksanaan kunjungan industry adalah untuk memperkenalkan sejak dini dunia usaha dan dunia industry agar siswa mempunyai budaya industry di sekolah
-          Tujuan khusus
a.       Bagi siswa
1.      Mendapatkan tambahan pengetahuan tentang teknik dan manajemen industry
2.      Mendapatkan bekal untuk bekerja pada industry
-          Manfaat
1.      Memperoleh pengalaman tentang K3 di dunia industry
2.      Memperoleh pengetahuan tentang manajemen industry






BAB II
LANDASAN TEORI K3

            Keselamatan dan kesehatan kerja adalah suatu system program yang dibuat bagi pekerja maupun pengusaha sebagai upaya pencegahan (preventif) timbulnya kecelakaan kerja dan penyakit akibat hubungan kerja dalam lingkungan kerja dengan cara mengenai hal – hal yang berpotensi menimbulkan kecelakaan kerja dan penyakit akibat hubungan kerja. Tujuan dari dibuatnya system ini adalah untuk mengurangi biaya perusahaan apabila timbul kecelakaan kerja dan penyakit akibat hubungan kerja. Namun patut disayangkan tidak semua perusahaan memahami arti pentingnya K3 dan bagaimana mengimplementasikannya dalam lingkungan perusahaan.
K3 adalah hal yang sangat oenting bagi setiap orang yang bekerja dalam lingkungan perusahaan, terlebiuh yang bergerak di bidang produksi khususnya , dapat pentingnya memahami arti kesehatan dan keselamatan kerja dalam bekerja kesehariannya.














BAB III
LAPORAN KHUSUS

A.    Perusahaan
a.       Sejarah singkat
PT. KAWASAKI MOTOR INDONESIA didirikan pada tanggal 18 februari 1994 sebagai perusahaan joint venture anatara Kawasaki heavy industries ,ltd jepang dengan salah satu peruashaan Indonesia yaitu PT. SUMBER SELATAN NUSA. Bisnis perusahaan bergerak dibidang kendaraan roda 2 dengan merek Kawasaki. Produksi pertama dimulai pada maret 1995. Diikuti dengan penjualan unit, spare part serta fasilitas servis. PT. KAWASAKI MOTOR INDONESIA memiliki dua kegiatan utama yaitu merakit dan memproduksi menghasilkan 200.000 unit pertahunnya. Unit bisnis industry otomotif, perakitan sepeda motor termasuk komponennya.
b.      Lokasi
1.      PT. KAWASAKI MOTOR INDONESIA
Alamat : Jl. Perintis Kemerdekaan, Kelapa Gading Jakarta Utara 4250 Indonesia
2.      PT. KAWASAKI MOTOR INDONESIA
Alamat : Jl. Madura blok L11 kawasan indsutri MM 2100 Cikarang Barat, Bekasi, Jawa Barat
B.     Laporan Inti
-          Penerapan keselamatan dan kesehatan kerja di PT. Kawasaki Motor Indonesia.
Dapat dilihat bahwa banyak sekali bahaya yang ditimbulkan akibat kerja, terutama dalam bidang industeri perakitan sepeda motor pada PT. KAWASAKI MOTOR INDONESIA K3 sangat dipandang penting diantaranya :
a.       Adanya jalur hijau untuk pejalan kaki
b.      Adanya jalur untuk kendaraan
c.       Adanya ventilasi udara diatap pabrik
d.      Adanya pengolahan limbah menjadi air bersih
e.       Penyediaan lampu yang merata
f.       Adanya waktu istirahat dan penyediaan air minum bagi karyawan
g.      Terdapat banyak titik yang terdapat apar
h.      Pada setiap mesin dan alat terdapat SOP (standar operasional prosedur)
i.        Para pekerja diwajibkan menggunakan APD
j.        Adanya papan peringatan tanda bahaya
k.      Adanya program 5S :
Seiri (ringkas), seiton (rapi), selso (resik), seiketsu (rawat), shitsuke (rajin), program ini diterapkan dan diperkenalkan kepada karyawan PT. KAWASAKI MOTOR INDONESIA pada tahun 2008

BAB IV
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Dari kunjungan industry ini dan laporan ini semoga kami dapat memetik pelajaran dan hikmah yang dapat bermanfaat bagi kita semua dan kelak kita dapat menerapkan apa yang dapat kita petik dari laporan ini maupun dari perjalanan, serta apa yang kami tulis ini dapat meningkatkan pengetahuan dan motvasi bagi kita semua
B.     Saran
-          Kegiatan kunjungan indutri ini harus diadakan setiap tahun supaya siswa dan siswi mengtahui dunia usaha / dunia industry yang lebih bagus/baik.
-          Jangan terfokus pada satu pusat industry karena diluar sana terdapat bermacam – macam peluang usaha
-          Jadikan kujungan industry ini sebagai motivasi agar belajar lebih giat lagi.















DAFTAR PUSTAKA

1.      Buku panduan dan jurnal kunjungan industry SMK Muhammadiyah Kutowinangun
2.      Buku laporan kunjungan industry yang disusun oleh amir hamzah
3

Komentar